Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kesalahan Blogger Pemula yang Wajib anda Hindari

Kesalahan Blogger Pemula - Mungkin kita sebagai blogger pemula yang masih mencoba pasti akan melakukan kesalahan. Bukan suatu kesalahan yang fatal, namun kesalahan tersebut wajib untuk dihindari, supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Mungkin beberapa kesalahan berikut bisa kamu hindari dan jadilah pelajaran agar dapat sukses kedepannya.


Kesalahan Blogger Pemula yang Harus dihindari

Jadikan ini sebagai pengalaman sobat agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Berikut adalah 10 kesalahan blogger pemula yang pernah saya lakukan yang wajib sobat hindari.

1.Menulis Untuk Mesin Pencari

Ini merupakan kesalahan besar yang pernah saya lakukan sebagai blogger pemula, yaitu lupa bahwa menulis semata-mata untuk mesin pencari bukan untuk pembaca.

Jika ingin mempunyai blog yang berkualitas apabila gaya tulisan kamu masih seperti itu, maka tidak akan bertahan lama dan tidak akan mendatangkan pengujung. Semakin bertambahnya waktu pengujung semakin pintar menyeleksi artikel mana yang akan dibaca. Ya tulisan yang buruk tidak akan masuk ke dalam daftar bacaan mereka.

Jadi, intinya menulislah untuk pengunjung terlebih dahulu, soal mesin pencari nomor 2. Maka dengan seperti itu akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Sering Mengedit Template

Pada pertama kali saya terjun ke dunia blogging, saya masih ingat template yang saya gunakan adalah Evomagz buatan Mas Sugeng.

Waktu itu saya mengedit template tersebut sedemikian rupa, mulai merubah tampilan navigasi, sidebar sampai footer. Membuat perubahan sana-sini berharap pengujung akan terkesan dengan apa yang saya lakukan tersebut.

Namun semua itu tidak berjalan dengan apa yang saya harapkan, salalu saja merasa ada yang kurang. Saya tidak pernah menemukan kata sempurna pada hasil editan template itu. Alhasil setiap habis mengutak-atik template saya selalu menemukan kekurangan pada theme tersebut.

Ya, setelah waktu saya terbuang sia-sia, kini saya pun menyadari bahwa saya tidak akan pernah menemukan theme yang sempurna. Mungkin semua itu sifat manusia yang tidak pernah merasa puas.

Menurut saya pribadi theme itu tidak begitu penting, yang paling penting dalam membangun blog adalah isi kontennya masalah theme bisa pikir belakangan. Karena sebagus atau sejelek apapun theme yang saya gunakan pasti ujungnya tulisan saya yang akan dibaca.

3. Banyak Membaca Minim Praktek

Siapa sih yang tidak mau mahir dalam dunia blogging? Pastinya semua blogger ingin mengetahui tentang semua hal yang berkaitan dengan ngeblog.

Setiap hari saya selalu membaca referensi informasi yang berkaitan dengan ngeblog. Sampai semua isi kepala saya dipenuhi dengan ide-ide gila. Namun, saya takut untuk mempraktekkan hal tersebut.

Saya selalu sering menghadapi perasaan takut gagal jika mencobanya. Bagaimana jika semua tutorial yang saya baca tersebut hanyalah kebohongan? Pertanyaan itulah yang membuat saya memiliki perasaan takut gagal.

Semua pengetahuan blog yang saya baca menjadi sia-sia. Saya pun perlahan mulai memberanikan diri untuk mencoba hal-hal tersebut. Sampai saat ini pun berjalan sebagaimana mestinya. Meskipun bukan hasil yang sangat besar, namun saya bangga ada beberapa artikel saya yang masuk page one.

Itu merupakan pencapaian terbesar saya. Sekarang saya sudah berani bereksperimen. Saya sudah tidak takut lagi untuk mempraktekkan apa yang saya baca.

4. Takut Dengan Ide Baru

Kesalahan blogger pemula selajutnya adalah takut dengan hal atau ide-ide baru. Hal ini membuat saya minder dengan ide baru.

Pernah sih ingin membuat konten tentang SEO secara detail. Mulai dari Apa itu Seo hingga ke teknik-teknik SEO yang sering digunakan.

Saya sangat takut untuk mengaplikasikan hal tersebut. Hingga saat ini saya gagal melaksanakan proyek tersebut. Menurut saya ini merupakan hal yang konyol untuk dilakukan.

Mungkin setelah artikel ini publish saya akan menulis tentang panduan SEO lengkap, semoga saja terlaksana.

5. Kurang Pengetahuan

Menurut saya ini merupakan kesalahan sederhana, yaitu tidak memiliki pengetahuan untuk mengulas sebuah topik permasalahan.

Pada saat itu saya masih pemula yang selalu menulis sesuatu apa yang saya tidak kuasai. Alhasil saya mengalami kegagalan.

Dengan pengalaman tersebut, kini saya selalu membaca banyak artikel sebelum saya menuliskannya. Mungkin anda tidak akan percaya bahwa betapa mudahnya menulis sesuatu jika kita telah memiliki pengetahuan yang mumpuni.

Dalam menulis sesuatu anda perlu memiliki pengetahuan yang luas, sehingga kita mampu menyampaikan maksud dan tujuan tertentu.

6. Kurang Sabar

Dalam membangun sebuah blog, kunci utama menuju kesuksesan adalah kesabaran. Tidak ada yang instan untuk memperoleh hasil maksimal, diperlukan usaha yang keras.

Terkadang kita berhenti ketika akan berhasil. Tetaplah berusaha dan pantang menyerah. Berusahalah untuk menuju kesuksesan, karena hukum timbal balik masih berlaku. Dimana orang yang melakukan usaha keras akan menghasilkan kesuksesan. Apabila anda tekun dalam bidang blog niscaya kelak akan sukses.

7. Jarang Update Artikel

Mungkin yang saya alami ketika mulai ngeblog saya lebih percaya diri. Menulis atau update artikel bisa sampai 5 kali dalam sehari.

Namun hal buruk pun terjadi beberapa hari setelah itu, saya lebih malas menulis. Karena kurangnya inspirasi.

Pernah terlintas untuk berhenti ngeblog. Namun sayangnya semua itu tidak terjadi. Sekarang saya lebih semangat untuk ngeblog kembali. Kunci utamanya adalah menikmati, rajin membaca dan semangat untuk menulis.

Untuk kamu yang mengalami kesulitan untuk menulis setiap hari, bisa membaca tips agar konsisten menulis artikel setiap hari.

8. Tanpa Tujuan

Awal pertama kali membangun blog ini tujuan saya adalah hanya untuk menyalurkan hobi menulis saya. Saya pun tidak memiliki tujuan yang jelas. Semua yang saya lakukan hanya menulis.

Ya, seiring berjalannya waktu pengalaman ngeblog saya pun bertambah. Saya ingin mempunyai traffik 1000 orang perhari. Akhirnya saya memutuskan untuk mengungkapkan tujuan saya ngeblog. Alasan utama saya menulis tujuan ngeblog tersebut adalah supaya suatu hari nanti keinginan saya bisa tercapai.

9. Melanggar Pantangan

Tidak kalian sadari bahwa dalam dunia blogging memiliki pantangan. Hal buruk akan terjadi apabila kamu melanggar pantangan tersebut. Saya telah menuliskan untuk anda Jangan lakukan ini untuk blogger pemula.

Jangan melanggar pantangan tersebut, apabila anda ingin sukses. Anda dapat mencobanya jika tidak percaya.

10. Tidak Paham SEO

Ini merupakan kesalahan kecil dalam dunia blogging. Tidak fatal namun ini berkaitan dengan tujuan ngeblog. Apabila anda ngeblog hanya untuk tempat curhat anda tidak butuh SEO.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk saya. Pernah berfikir untuk memiliki blog yang ramai pengunjung. Dulu saya benar-benar tidak memiliki pengujung satu pun. Rasa kesal pun muncul hingga saya menulis artikel belajar SEO otodidak.

Hingga saya mempunyai trafik lebih dari 1000 perhari karena SEO dalam beberapa bulan terakhir. Apabila kamu tidak memahami SEO itu merupakan kesalahan. Maka tidak salahnya untuk mulai belajar SEO.

Mungkin itulah sedikit kisah saya yang bisa dijadikan patokan kamu dalam ngeblog, agar tidak melakukan kesalahan dalam ngeblog. Tetaplah semangat untuk mencapai hasil yang kalian inginkan.

1 comment for "10 Kesalahan Blogger Pemula yang Wajib anda Hindari"