Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format dan Ukuran Gambar Posting Artikel Blog yang Ideal

Format dan Ukuran Gambar - Memiliki sebuah blog atau website maka tidak akan jauh dengan source pendukung seperti gambar. Sebab gambar sangat berpengaruh terhadap blog agar tampil lebih rapi dan cantik. Bagaimana ukuran gambar posting artikel yang bagus dan ideal? Memangnya harus sesuai dengan ukuran atau dimensi tertentu? Apakah resolusi gambar harus sesuai aturan? Oke, kali ini saya akan mengulas sedikit tentang format dan ukuran gambar posting artikel blog yang ideal.


Biasanya blogger pemula jarang memikirkan tentang masalah ini. Asalkan ada gambar dan foto yang pas dan sesuai, mereka langsung upload ke blog. Mengenai ukuran dan resolusi gambar pikir belakangan, alhasil tampilannya akan berantakan dan tak sesuai dengan apa yang diharapkan, terlebih size yang terlalu besar dapat memperlambat kecepatan loading blog itu sendiri.

Perhatikan juga dalam mengambil gambar di internet lalu dipasang kedalam blog, kita harus memastikan apakah gambar tersebut memiliki hak cipta (copyright) atau tidak. Lebih baiknya kita gunakan gambar hasil karya sendiri.

Format Gambar Blog yang Ideal

Oke, ada beberapa macam tipe format untuk gambar. Nama format yang ideal untuk diupload ke posting artikel blog adalah PNG, JPEG(JPG) dan GIF.

PNG (Portable Network Graphics)

Jenis file gambar PNG ini memiliki format *.png. Format gambar ini paling banyak digunakan karena gambar PNG mampu diedit dan dikompres sampai ukuran yang paling rendah sekitar 80%, tanpa mengurangi kualitas gambar asli(original).

Nah, maka dari itu format PNG ini tidak akan mempengaruhi kecepatan loading blog sobat. Keunggulan lain dari file ini adalah dapat menyimpan gambar dengan background yang transparan dan sangat elegan ketika digunakan untuk sebuah logo.

JPEG/JPG(Join Photographic Expert Group)

Jenis file gambar JPEG(JPG) ini memiliki format *.jpeg / *.jpg. Format ini paling baik digunakan untuk blog photography digital dan paling banyak digunakan oleh para web administrator. Biasanya file gambar tipe ini dipakai oleh niche blog travelers, restoran, fotografi, dll.

GIF (Graphic Interchange Format)

Jenis file gambar GIF ini memiliki format *.gif. Nah format gambar tipe ini paling cocok digunakan untuk logo atau gambar berukuran kecil dan sejenisnya.

Mungkin sedikit penjelasan diatas kalian sudah bisa memilih format gambar yang tepat untuk blog sobat. Sedikit saran jangan menggunakan format gambar yang tidak sesuai karena hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan.

Ukuran Dimensi Gambar Blog yang Ideal

Untuk ukuran gambar posting artikel blog bisa kita sesuaikan dengan template yang kita gunakan. Saat ini template banyak jenisnya mulai dari 1 kolom, 2 kolom sampai 3 kolom. Adapun penjelasan ukuran gambar yang ideal sebagai berikut.

Template 1 Kolom biasanya menggunakan resolusi gambar sekitar 700 x 360 pixel atau 600 x 400 pixel.

Templatr 2 Kolom biasanya menggunakan resolusi gambar sekitar 600 x 400 pixel atau 600 x 320 pixel.

Template 3 Kolom bisanya menggunakan resolusi gambar sekitar 300 x 250 pixel.

Size Gambar Blog yang Ideal

Setelah kita mengetahui format dan dimensi gambar yang ideal untuk blog, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah size. Sebelum mengupload gambar ke artikel blog sebaiknya gambar tersebut di kompres terlebih dahulu. Supaya tidak memberatkan kecepatan loading blog.

Cara ini dapat dilakukan dengan software maupun online. Size gambar paling ideal sekitar 64kb - 120kb. Semakin kecil size gambar maka semakin cepat loading blog dan yang terpenting gambar terlihat dengan jelas.

Demikianlah artikel singkat tentang Format dan ukuran gambar posting artikel blog yang ideal. Selain mempercepat loading pemilihan gambar posting artikel juga dapat berpengaruh dengan SEO. Menurut riset 35% hasil penelusuran berasal dari gambar. Dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan gambar juga dapat menambah pengujung atau pembaca blog kita.

Post a comment for "Format dan Ukuran Gambar Posting Artikel Blog yang Ideal"